HUBUNGAN PERSEPSI TENTANG KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN DOSEN DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA KULIAH ASUHAN KEBIDANAN III PADA MAHASISWA SEMESTER III DI PRODI KEBIDANAN STIKES DARUL AZHAR BATULICIN

  • lidia widia STIKES Darul Azhar Batulicin

Abstract

Kualitas pembelajaran ditentukan oleh peserta didik yang bertindak selaku customer dari jasa yang ditawarkan oleh guru, karena customer adalah orang yang menerima hasil pekerjaan seseorang atau suatu organisasi, maka mereka yang dapat menentukan kualitas dan dapat menyampaikan apa dan bagaimana kebutuhan mereka. Begitu juga dengan dunia pendidikan yang tidak dapat mengelak dari adanya trend fenomena dimana kualitas dimulai dari pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi tentang kualitas proses pembelajaran dosen dan minat belajar dengan prestasi belajar pada mata kuliah asuhan kebidanan III pada mahasiswa semester III di Prodi Kebidanan STIKES Darul Azhar Batulicin.
Metode desain penelitian yang digunakan dalam Proposal ini adalah jenis Observasional. Metode penelitian adalah Analitik Korelasional yaitu suatu penelitian kolerasi yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara variable yang di teliti dan jenis penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional.
Hasil penelitian ini menggunakan uji statistik Chi Square untuk mengetahui hubungan antara persepsi tentang kualitas proses pembelajaran dosen dan minat belajar dengan prestasi belajar pada mata kuliah asuhan kebidanan III pada mahasiswa semester III di Prodi Kebidanan STIKES Darul Azhar Batulicin.pada alpha 0,05 (5%) menunjukkan bahwa ada hubungan antara persepsi tentang kualitas proses pembelajaran dosen dan minat belajar dengan prestasi belajar pada mata kuliah asuhan kebidanan III dengan nilai p = 0,000 (< 0,05).
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada hubungan positif dan signifikan antara persepsi kualitas pembelajaran dengan prestasi belajar termasuk kategori kuat dapat dijadikan pedoman bahwa menggunakan kualitas pembelajaran yang baik mempunyai keuntungan prestasi belajar akan mata kuliah asuhan kebidanan III dalam menumbuhkan daya nalar, berfikir logis dan sistematis. Kualitas pembelajaran Dosen hendaknya terus menerus memantau hasil belajar yang telah dicapai oleh siswa dari waktu yang telah di tentukan. Informasi yang diperoleh dari evaluasi ini merupakan umpan balik (feedback) terhadap proses belajar mengajar. Umpan balik ini menjadi titik tolak untuk memperbaiki dan meningkatkan proses belajar mengajar selanjutnya ,sehingga akan diperoleh hasil yang optimal.

Published
2017-05-17
How to Cite
WIDIA, lidia. HUBUNGAN PERSEPSI TENTANG KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN DOSEN DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA KULIAH ASUHAN KEBIDANAN III PADA MAHASISWA SEMESTER III DI PRODI KEBIDANAN STIKES DARUL AZHAR BATULICIN. Jurnal Kesehatan STIKES Darul Azhar Batulicin, [S.l.], v. 2, may 2017. ISSN 2581-0596. Available at: <http://jurnal-kesehatan.id/index.php/JDAB/article/view/12>. Date accessed: 12 aug. 2020.
Section
Articles