PENGARUH TERAPI GETAR DALAM MENGURANGI NYERI SELAMA PENGAMBILAN SPESIMEN DARAH PADA ANAK USIA 3 – 6 TAHUN DI RUMAH SAKIT H. ANDI ABDURRAHMAN NOOR KABUPATEN TANAH BUMBU KALIMANTAN SELATAN TAHUN 2015

  • herdy juniawan STIKES Darul Azhar Batulicin

Abstract

Pengambilan spesimen darah dapat memberikan respon nyeri dan trauma pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh terapi getar dalam mengurangi nyeri pada anak saat pengambilan spesimen darah. Desain yang diambil adalah kuasi eksperimen. Pengambilan sampel secara consecutive sampling. Sampel terdiri dari anak yang berusia antara 3 – 6 tahun terbagi ke dalam 16 responden kelompok intervensi dan 16 responden kelompok kontrol. Terapi getar diberikan pada kelompok intervensi sebelum dan saat dilakukan tindakan pengambilan spesimen darah. Pengkajian tingkat nyeri dievaluasi dengan menggunakan Agency for Healthcare Policy and Research (AHCPR) pada kelompok intervensi yang diberikan terapi getar dan kelompok kontrol setelah pemberian plasebo. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan yang sangat signifikan skor nyeri antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol (p=0,00). Berdasarkan hasil penelitian ini, suatu rekomendasi langsung kepada pihak RS. H. Andi Abdurrahman Noor untuk menyediakan alat yang serupa saat pengambilan spesimen darah dalam menurunkan nyeri selama penusukan.

Published
2017-05-17
How to Cite
JUNIAWAN, herdy. PENGARUH TERAPI GETAR DALAM MENGURANGI NYERI SELAMA PENGAMBILAN SPESIMEN DARAH PADA ANAK USIA 3 – 6 TAHUN DI RUMAH SAKIT H. ANDI ABDURRAHMAN NOOR KABUPATEN TANAH BUMBU KALIMANTAN SELATAN TAHUN 2015. Jurnal Kesehatan STIKES Darul Azhar Batulicin, [S.l.], v. 2, may 2017. ISSN 2581-0596. Available at: <http://jurnal-kesehatan.id/index.php/JDAB/article/view/17>. Date accessed: 12 aug. 2020.
Section
Articles