HUBUNGAN ANTARA KEMITRAAN BIDAN DAN DUKUN DALAM PROGRAM JAMKESDA DENGAN PENINGKATAN PERSALINAN DI TOLONG OLEH TENAGA KESEHATAN DI PUSKESMAS BATULICIN I KECAMATAN KARANG BINTANG KABUPATEN TANAH BUMBU

  • lidia widia STIKES Darul Azhar Batulicin

Abstract

Kemitraan bidan dan dukun dalam Program Jamkesda merupakan suatu upaya pemerintah agar persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan meningkat serta agar dapat mencegah terjadi nya komplikasi secara dini, sehingga diharapkan dapat menurunkan angka Kematian Ibu dan angka Kematian Bayi. Diketahui bahwa pertolongan persalinan oleh dukun akan menimbulkan berbagai komplikasi kesehatan yang dapat membahayakan keselamatan ibu dan bayi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Kemitraan bidan dan dukun dalam program Jamkesda dengan peningkatan persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan.
Metode penelitian ini adalah non eksperimen korelasi analitik. Desain penelitian Cross-sectional. Penelitian ini di lakukan di wilayah kerja Puskesmas Batulicin I Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu
Hasil penelitian ini adalah menggunakan Tes Non Parametrik Korelasi Kendall tau_b untuk mengetahui hubungan antara kemitraan bidan dan dukun dalam Program Jamkesda dengan peningkatan persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan di peroleh nilai p = 0,00.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan kemitraan bidan dan dukun dalam program jamkesda dengan peningkatan persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan.

Published
2017-05-17
How to Cite
WIDIA, lidia. HUBUNGAN ANTARA KEMITRAAN BIDAN DAN DUKUN DALAM PROGRAM JAMKESDA DENGAN PENINGKATAN PERSALINAN DI TOLONG OLEH TENAGA KESEHATAN DI PUSKESMAS BATULICIN I KECAMATAN KARANG BINTANG KABUPATEN TANAH BUMBU. Jurnal Kesehatan STIKES Darul Azhar Batulicin, [S.l.], v. 2, may 2017. ISSN 2581-0596. Available at: <http://jurnal-kesehatan.id/index.php/JDAB/article/view/19>. Date accessed: 12 aug. 2020.
Section
Articles