HUBUNGAN ANTARA KEAKTIFAN IBU MENGIKUTI KELAS IBU HAMIL DENGAN PERAWATAN PAYUDARA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SIMPANG EMPAT KECAMATAN SIMPANG EMPAT KABUPATEN TANAH BUMBU

  • lidia widia STIKES Darul Azhar Batulicin

Abstract

Kegiatan kelas ibu hamil merupakan sarana untuk belajar kelompok untuk kesehatan ibu hamil dalam bentuk tatap muka yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengenai kehamilan, persalinan, perawatan nifas dan perawatan bayi baru lahir melalui dengan buku KIA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keaktifan ibu mengikuti kelas ibu hamil dengan perawatan payudara di Wilayah kerja Puskesmas Simpang Empat Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu.
Metode penelitian ini adalah “Analitik” dengan rancangan Cross Sectional. Penelitian ini dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Simpang Empat Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu.
Hasil penelitian ini menggunakan uji statistik Chi Square untuk mengetahui ada hubungan antara keaktifan ibu mengikuti kelas ibu hamil dengan perawatan payudara di Wilayah kerja Puskesmas Simpang Empat Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu pada alpha 0,05 (5%) menunjukkan bahwa ada hubungan antara keaktifan ibu mengikuti kelas ibu hamil dengan perawatan payudara dengan nilai p = 0,003 (p<0,05).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara keaktifan ibu mengikuti kelas ibu hamil dengan perawatan payudara.Saran dari penelitian ini adalah Diharapkan dengan hasil penelitian ini tingkat kesadaran responden mengikuti kelas ibu hamil dapat dilakukan rutin setiap diadakanya posyandu dan deteksi dini bila terjadi komplikasi.

Published
2017-05-17
How to Cite
WIDIA, lidia. HUBUNGAN ANTARA KEAKTIFAN IBU MENGIKUTI KELAS IBU HAMIL DENGAN PERAWATAN PAYUDARA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SIMPANG EMPAT KECAMATAN SIMPANG EMPAT KABUPATEN TANAH BUMBU. Jurnal Kesehatan STIKES Darul Azhar Batulicin, [S.l.], v. 2, may 2017. ISSN 2581-0596. Available at: <http://jurnal-kesehatan.id/index.php/JDAB/article/view/20>. Date accessed: 12 aug. 2020.
Section
Articles