HUBUNGAN ANTARA STATUS PEKERJAAN IBU DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA BAYI USIA 6-12 BULAN DI BIDAN PRAKTIK MANDIRI (BPM) NOOR DWI LESTARI Amd.Keb DESA BLOK C I MADU RETNO KECAMATAN KARANG BINTANG KABUPATEN TANAH BUMBU

  • lidia widia STIKES Darul Azhar Batulicin

Abstract

Manfaat pemberian ASI Eksklusif sesuai dengan salah satu tujuan dari Millenium Development Goals (MDGs) yaitu mengurangi tingkat kematian anak dan meningkatkan kesehatan ibu. WHO pada tahun 2009 menyatakan sekitar 15% dari total kasus kematian anak di bawah usia lima tahun di negara berkembang disebabkan oleh pemberian ASI tidak Eksklusif. Berbagai masalah gizi kurang maupun gizi lebih juga timbul akibat dari pemberian makanan sebelum bayi berusia 6 bulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Status Pekerjaan Ibu dengan Pemberian ASI Eksklusif pada Bayi Usia 6-12 Bulan di Bidan Praktik Mandiri (BPM) Noor Dwi Lestari.,Amd,Keb Desa Blok C1 Madu Retno Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan.
Metode pada penelitian ini menggunakan rancangan analitik dengan pendekatan cross sectional yaitu suatu penelitian untuk mempelajari hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen dengan pengukuran sekali dan dalam waktu yang bersamaan.
Hasil penelitian ini menggunakan uji statistik Chi Square untuk mengetahui ada hubungan antara Status Pekerjaan Ibu dengan Pemberian ASI Eksklusif pada Bayi Usia 6-12 Bulan di Bidan Praktik Mandiri (BPM) Noor Dwi Lestari.,Amd,Keb Desa Blok C1 Madu Retno Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan pada alpha 0,05 (5%) menunjukkan bahwa ada hubungan antara Status Pekerjaan Ibu dengan Pemberian ASI Eksklusif pada Bayi Usia 6-12 Bulan dengan nilai p = 0,025 (≤ 0,05).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara Status Pekerjaan Ibu dengan Pemberian ASI Eksklusif pada Bayi Usia 6-12 Bulan di Bidan Praktik Mandiri (BPM) Noor Dwi Lestari.,Amd,Keb Desa Blok C1 Madu Retno Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan .Saran dari penelitian ini adalah Diharapkan dengan hasil penelitian ini tingkat kesadaran responden untuk dapat meningkatkan pemberian asi eksklusif pada bayinya karena begitu banyak manfaat yang diperoleh dari pemberian ASI eksklusif dan juga sudah di tunjukkan pada hasil penelitian tersebut.

Published
2017-05-17
How to Cite
WIDIA, lidia. HUBUNGAN ANTARA STATUS PEKERJAAN IBU DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA BAYI USIA 6-12 BULAN DI BIDAN PRAKTIK MANDIRI (BPM) NOOR DWI LESTARI Amd.Keb DESA BLOK C I MADU RETNO KECAMATAN KARANG BINTANG KABUPATEN TANAH BUMBU. Jurnal Kesehatan STIKES Darul Azhar Batulicin, [S.l.], v. 2, may 2017. ISSN 2581-0596. Available at: <http://jurnal-kesehatan.id/index.php/JDAB/article/view/21>. Date accessed: 12 aug. 2020.
Section
Articles