HUBUNGAN ANTARA TEKNIK PERNAFASAN DALAM DENGAN SKALA NYERI IBU POST SECTIO CAESARIA 24 JAM PERTAMA DI RSUD dr. H. ANDI ABDURAHMAN NOOR TANAH BUMBU
pdf

Keywords

Teknik Pernapasan Dalam, Skala Nyeri, Post Sectio Caesaria

Abstract

Ibu yang bersalin secara caesar, akan merasakan beberapa ketidaknyamanan yaitu, rasa nyeri hebat yang kadarnya dapat berbeda-beda pada setiap Ibu, proses pemulihan cenderung berlangsung lebih lama dibanding persalinan normal. Respon nyeri yang dirasakan oleh pasien merupakan efek samping yang timbul setelah menjalani suatu operasi. Nyeri akibat operasi biasanya membuat pasien merasa sangat kesakitan. Salah satu upaya untuk mengatasi nyeri post Sectio Caesaria adalah dengan mengkolaborasikan prosedur penanganan nyeri secara farmakologis dan non-farmakologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara teknik pernapasan dalam dengan Skala Nyeri Ibu Post Sectio Caesaria.
Metode Penelitian ini adalah penelitian analitik Quasi pra-eksperiment dan Desain penelitian One group pre and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang menjalani Sectio Caesaria dan sampel penelitian sebanyak 30 orang. Variabel independen dalam penelitian adalah teknik relaksasi pernapasan dalam serta variabel dependen adalah skala nyeri ibu yang diukur dengan lembar observasi dan NRS / skala numerik. Pengolahan data menggunakan uji statistik Simple paired t-test.
Skala nyeri ibu sebelumnya mengalami nyeri berat sebanyak 17 orang (56,7%), setelah dilakukan teknik pernapasan dalam skala nyeri berat berkurang menjadi 2 orang (6,7%). Dapat dilihat terjadi penurunan tingkatan nyeri yang signifikan. Ada hubungan antara teknik pernapasan dalam dengan Skala Nyeri Ibu Post Sectio Caesaria.

pdf