HUBUNGAN ANTARA POLA MAKAN DENGAN STATUS GIZI PADA BALITA DI POSYANDU DESA MANUNGGAL WILAYAH KERJA PUSKESMAS BATULICIN 1 KECAMATAN KARANG BINTANG
pdf

Keywords

Pola Makan, Status Gizi, Balita.

Abstract

Pola makan merupakan faktor yang berhubungan langsung dengan status gizi. Konsumsi makan yang rendah kualitas maupun rendah gizi mengakibatkan kondisi atau keadaan gizi kurang. Sebaliknya, konsumsi makan yang baik akan memungkinkan untuk mencapai kondisi kesehatan dan kondisi gizi yang sebaik-baiknya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisa hubungan Antara Pola Makan dengan Status Gizi pada Balita di Posyandu Desa Manunggal wilayah kerja Puskesmas Batulicin 1 Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian analitik dengan pendekataan cross sectional.
Berdasarkan hasil analisis uji chi-square antara pola makan dengan status gizi pada Balita diperoleh nilai signifikan menunjukan angka 0,017. Oleh karena p < 0.05, maka dapat diambil kesimpulan bahwa “ ada hubungan antara pola makan dengan status gizi pada balita di Posyandu Desa Manunggal Wilayah Kerja Puskesmas batulicin 1 Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu. Ini berarti pentingnya penyuluhan tentang pola makan yang baik dan pemantauan status gizi secara teratur sangat diperlukan untuk mempertahankan status gizi yang sudah baik dan untuk menghindari terjadinya gizi kurang atau gizi buruk.

pdf