HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN IBU TENTANG AKSEPTOR KB DENGAN PEMILIHAN ALAT KONTRASEPSI IUD DI PUSKESMAS BATULICIN I KECAMATAN KARANG BINTANG KABUPATEN TANAH BUMBU
pdf

Keywords

Tingkat Pendidikan, Akseptor KB, Pemilihan alat kontrasepsi IUD

Abstract

Untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas Keluarga Berencana pemerintah telah meluncurkan gagasan baru yaitu (1) Keluarga Berencana Mandiri, artinya masyarakat memilih metode KB dengan biaya sendiri, (2) Mengarahkan pada pelayanan metode kontrasepsi efektif: AKDR, suntik KB, susuk KB, dan Kontap.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan ibu tentang akseptor KB dengan pemilihan kontrasepsi IUD di Puskesmas Batulicin 1 Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu.
Metode penelitian ini adalah survai analitik, dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Batulicin 1 Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pendidikan ibu sedangkan variabel dependen adalah pemilihan alat kontrasespsi IUD.
Berdasarkan hasil analisa statistik dengan uji chi-square didapatkan bahwa Ï = 0,001 < α = 0,05 maka Ho ditolak Ha/H1 diterima. Berarti ada hubungan antara tingkat pendidikan ibu tentang akseptor KB dengan pemilihan alat kontrasepsi IUD di Puskesmas Batulicin 1 Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu.

pdf