HUBUNGAN ANTARA INISIASI MENYUSUI DINI DENGAN INVOLUSI UTERUS PADA IBU 2 JAM POST PARTUM DI PUSKESMAS PERAWATAN SIMPANG EMPAT KECAMATAN SIMPANG EMPAT KABUPATEN TANAH BUMBU
pdf

Keywords

Inisiasi Menyusui Dini, Involusi Uterus

Abstract

Menyusui dini merupakan salah satu faktor pendukung terjadinya proses involusi uterus karena dengan memberikan Air Susu Ibu kepada bayi segera melahirkan sampai satu jam pertama, memberikan efek kontraksi pada otot polos uterus dan memberi kekebalan pasif kepada bayi melalui kolostrum sebagai imunisasi pertama bagi bayi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Inisiasi Menyusui Dini dengan Involusi Uterus pada ibu 2 jam post partum di Puskesmas Perawatan Simpang Empat Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu.
Metode penelitian yang digunakan adalah survey analitik dengan pendekatan cross-sectional. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Keperawatan Simpang Empat pada bulan Juli sampai Agustus 2015, jumlah populasi sebanyak 36 ibu post partum. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling.
Hasil uji statistik menggunakan uji chi-square didapat P Value 0,005 <0,05, Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima menunjukkan ada Hubungan antara Inisiasi Menyusui Dini Dengan Involusi Uterus Pada Ibu 2 Jam Post Partum.
Saran dari penelitian ini adalah diharapkan dengan hasil penelitian ini meningkatkan kesadaran petugas kesehatan untuk melakukan inisiasi menyusui dini, sehingga mengurangi angka kejadian pendarahan pada ibu post partum.

pdf