HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI IBU HAMIL DENGAN HYPEREMESIS GRAVIDARUM DI RSIA PARADISE KABUPATEN TANAH BUMBU
pdf

Keywords

Status Gizi, Hiperemesis Gravidarum, Ibu Hamil

Abstract

Status gizi dibagi menjadi 3 kategori yaitu : kurus, normal dan gemuk. Disebut kurus apabila batas pengelompokan indeks masa tubuh (IMT) <18,5, normal 18,5-24,99 dan gemuk ≥25.00, begitu juga dengan ibu hamil yang mengalami hiperemesis gravidarum dan yang tidak mengalami hyperemesis gravidarum, di sebut hyperemesis gravidarum apabila ibu hamil yang mengalami mual muntah yang berlebihan pada trimester I sedangkan yang dimaksud dengan tidak mengalami di trimester I. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisa hubungan antara status gizi ibu hamil dengan hyperemesis gravidarm di RSIA Paradise Tanah Bumbu.
Metode penelitian ini adalah survey analitik. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan case control (retrospektif study). Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan besar sampel sebanyak 209 responden, yang terdiri dari 102 sampel control dan 98 sampel kasus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah rekam medik dan diagnosa dokter yang terdiri dari 2 variabel yang diteliti yaitu variable status gizi ibu hamil dan diagnosa hyperemesis gravidarum.
Analisis yang dilakukan menggunakan uji chi square. Analisis status gizi ibu hamil dengan hyperemesis gravidarum diperoleh nilai p value = 0,05 a = 0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak.
Kesimpulan penelitian ini didapatkan bahwa ada hubungan antara status gizi ibu hamil dengan hyperemesis gravidarum di RSIA Paradise Kabupaten Tanah Bumbu. Berdasarkan penelitian ini diharapkan ibu hamil mempunyai kesadaran melakukan kunjungan kehamilan agar mendeteksi dini komplikasi kehamilan lainnya

pdf