HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN IMUNISASI TETANUS TOXOID PADA IBU HAMIL TRIMESTER II DAN TRIMESTER III DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PERAWATAN SIMPANG EMPAT KABUPATEN TANAH BUMBU
pdf

Keywords

Tingkat Pengetahuan, Imunisasi Tetanus Toxoid

Abstract

Program Imunisasi bertujuan untuk menurunkan angka kesakitan, kecacatan dan kematian dari penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I). Pelaksanaan kegiatan imunisasi TT ibu hamil terdiri dari kegiatan imunisasi rutin dan kegiatan tambahan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahan dengan Imunisasi TT (Tetanus Toxoid) pada Ibu hamil TM II dan TM III di wilayah kerja Puskesmas Perawatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu
Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan waktu cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh ibu hamil trimester II dan III di wilayah kerja Puskesmas Perawatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi dengan jumlah sampel 38 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling.
Hasil analisisa data menggunakan Kolmogorov-smirnov Z antara tingkat pengetahuan dengan imunisasi Tetanus Toxoid diperoleh nilai p value sebesar 0,008< 0,025 maka Ha diterima yang berarti ada hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan dengan imunisasi Tetanus Toxoid, dengan nilai koefisien kontingen 0,591 yang artinya ada hubungan yang cukup erat antara tingkat pengetahuan dengan imunisasi Tetanus Toxoid di Puskesmas Simpang Empat Kecamatan Simpang Empat.
Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa tingkat pengetahuan sangat berhubungan dengan imunisasi Tetanus Toxoid, semakin baik tingkat pengetahuannya maka semakin banyak pula yang melakukan imunisasi Tetanus Toxoid. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menambah wawasan ilmu kesehatan khususnya mengenai pengetahuan dengan imunisasi Tetanus Toxoid dan dapat memperkaya sumber bacaan tentang pengetahuan dengan imunisasi Tetanus Toxoid.

pdf